Linux Berarti Kebebasan ( SEJARAH LINUX )


Halo sobat semua, mungkin diantara anda semua ada yang pernah mendengar kata linux. Nah pasti bagi orang awam bertanya-tanya apa sih linux? Apa sejenis makanan? Atau mainan? hahaha....

Untuk itu mari kita mengenal lebih dekat tentang linux ini.....

LINUX adalah sebuah sistem operasi komputer yang didasarkan pada kebebasan (alias gratis / relatif terjangkau) dan open source software (perangkat lunak yang bersifat terbuka). Meskipun ada banyak versi / jenis linux yang di kembangkan saat ini, akan tetapi semua mirip Unix dan berbasis kernel Linux, sebuah kernel sistem operang pertama kali dirilis 5 Oktober 1991 oleh Linus Torvalds. Linux adalah sistem operasi untuk komputer Anda. seperti Mac dan sistem Windows, ia menyediakan layanan komputer dasar yang diperlukan bagi seseorang untuk melakukan hal-hal dengan komputer. Ini adalah lapisan tengah antara perangkat keras komputer dan perangkat lunak/aplikasi yang Anda jalankan. Linux dikembangkan oleh Linus Torvalds dan sekelompok programmer yang sukarela mengembangkan program inti dari sistem (alias, kernel).

Sejarah Kronologi Linux:

  • April 1991: Dari kamar asramanya di Universitas Helsinki, mahasiswa Linus Torvalds mulai mengerjakan kernel sistem operasi sendiri, banyak orang ingin menyaksikan apakah dia bisa melakukannya. Saat ia sedang melakukan pengembangan awal di kloningan Unix yang disebut Minix, ia memposting catatan ke group Minix yang mengatakan, "Aku sedang membuat sistem operasi gratis (hanya hobi, tidak akan besar dan profesional seperti gnu) untuk 386 (486) AT clone". Ternyata Torvalds salah dalam penilaiannya tentang catatannya, linux sangat potensial.
  • Mei 1992: Lebih dari satu tahun setelah Torvalds mulai bekerja pada proyek kesayangannya, distro komprehensif pertama dari Linux, Solanding Sistem Linux, dilempar ke pengguna. SLS menonjolkan penggabungan atas TCP / IP dan X Windows.
  • Juli 1993: Slackware Linux, yang dikembangkan oleh Patrick Volkerding, diluncurkan sebagai distro Linux komersial pertama. Dan sampai saat ini merupakan distro Linux tertua  dan masih terus dalam dikembangkan.
  • Maret 1994: Linus Torvalds merilis Linux 1.0, terdiri dari 176.250 baris kode. (waw puyeng dah kalau saya).
  • April 1995: Linux mendapat bursa perdagangan sendiri di konferensi, Linux Expo, yang diciptakan oleh Donnie Barnes di North Carolina State University. Barnes yang bekerja untuk Red Hat, yang kemudian mengambil alih expo.
  • November 1998: Di tengah gugatan antitrust federal, pengacara Microsoft menyajikan sebuah kotak dari Red Hat Linux sebagai bukti bahwa Windows tidak mewakili monopoli di pasar OS.
  • November 1999: VA Systems meluncurkan SourceForge, yang menjadi repositori proyek open source terkemuka untuk platforms Linux dan lainnya.
  • Oktober 2004: Canonical rilis Ubuntu 4.1, alias "Warty Warthog", yang mengangkat bar untuk dikembangkan komunitas distro Linux dengan enam bulan siklus rilis dan fokus pada pengalaman pengguna.
  • Januari 2007: Beberapa perusahaan teknologi mobile terkemuka, termasuk Motorola, NEC, Samsung, NTT DoCoMo, Panasonic, dan Vodafone membentuk LiMo Foundation untuk berkolaborasi di Linux berbasis smartphone. Ini merupakan perubahan besar dalam pergerakan perangkat Linux, dan pertanda kedatangan Google Android.
  • November 2007: The Open Handset Alliance, yang meliputi Google, Intel, Sony, HTC, Motorola, dan 78 perusahaan lain, mengumumkan kehadirannya dengan membawa Android. Satu minggu kemudian, OHA merilis SDK untuk pengembangan Android.
  • Oktober 2008: Ponsel Android komersial pertama, yaitu G1 T-Mobile, dikirim ke konsumen, menandai munculnya Linux ke konsumen dalam perangkat komputasi mainstream. Di ponsel, Android akan mampu bersaing dengan Apple IOS, membawa Linux menjadi yang terdepan dalam flatforms-war.
Itu tadi cerita bagaimana Linux dilahirkan dan terus berkembang sampai sekarang. Saat ini ada banyak varin linux yang disebut distro, Anda bisa melihatnya langsung di http://distrowatch.com.
Oke, sekian dari saya and KEEP LEARNING...

0 comments:

Post a Comment