Terminal Linux Bisa meramal (Bermain terminal linux jilid 2)

Halo Sob, balik lagi nih saya main-main sama terminal. Lanjutin yang kemarin, kan saya bilang juga masih banyak. Sekarang jilid 2 nya, tadinya mau season 2 tapi jadi kek sinetron. awkawkawkawk...

Oke daripada makin ngelantur langsung aja nih kita sambung, tapi sebelumnya buat Sobat yang belum baca part 1 nya silahkan baca dulu deh dimari. Bahaya nanti bisa-bisa mantranya ga jalan. hehehe

  1. Perintah Fortune
    Perintah ini digunakan untuk meramal keberuntungan Sobat sekalian, langsung saja install dengan perintah "sudo apt-get install fortune". Kalau sudah terinstall tinggal panggil saja ketik fortune lalu enter, nanti muncul deh kata-kata bijak. Tapi hati-hati jangan terlalu serius ini bisa membuat anda bingung, (karena bahasa inggris :v).

    fortune teller in terminal
  2. Perintah Cowsay
    Cowsay adalah aplikasi yang memunculkan text dalam bentuk omongan sapi. Oke install dulu cowsay nya "sudo apt-get install cowsay", kalau sudah ketik saja "cowsay <text>". Untuk contoh liat ss aja:

    cowsay di terminal linux

    Nah kita bisa juga gabung fortune agar di bacakan sama si sapinya, ketik "fortune | cowsay".
    fortune teller with cowsay
  3. Perintah yes
    Kalau ini saya juga kurang paham untuk apa maksudnya, tapi yang jelas kalau kita ketik "yes <text>" lalu enter, text nya akan ditulis ulang terus menerus sampai Sobat pencet ctrl+c buat matiinnya.
  4. Perintah cmatrix
    Seperti nama perintahnya, fungsinya menampilkan matrix kaya pelem the matrix Sob tapi di terminal. Install dulu cmatrixnya "sudo apt-get install cmatrix" lalu ketik "cmatrix" terus enter.

    cmatrix to display matrix in terminal
  5. Perintah Bomb
    BERBAHAYA LAKUKAN DENGAN HATI-HATI 
    tutup semua aplikasi sebelum menggunakan perintah ini, karena akan menyebabkan sistem hang. Sumpah Sob, saya ngalamin sendiri. Ini perintahnya ":(){ :|:& };:" tanpa tanda kutip terus enter. Orang luar nyebut ini Fork Bomb.:
Ok, cukup sekian dulu yah. kita sambung lagi ke jilid 3, masih banyak ko tenang saja.

0 comments:

Post a Comment